Senin, 06 Februari 2012

Modern Dressing – perawatan luka modern


Perkembangan perawatan luka (wound care ) berkembang dengan sangat pesat di dunia kesehatan. Metode perawatan luka yang berkembang saat ini adalah perawatan luka dengan menggunakan prinsip moisture balance, dimana disebutkan dalam beberapa literature lebih efektif untuk proses penyembuhan luka bila dibandingkan dengan metode konvensional.
Perawatan luka dengan menggunakan prinsip moisture balance ini dikenal sebagai metode modern dressing dan memakai alat ganti balut yang lebih modern. Metode tersebut belum begitu familiar bagi perawat di Indonesia, khususnya perawat di RSU Banyumas.
Metode perawatan luka modern dressing ini telah berkembang di Indonesia terutama rumah sakit besar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, sedangkan di rumah sakit-rumah sakit setingkat Kabupaten, perawatan luka menggunakan modern dressing tersebut masih belum berkembang dengan baik, sehingga merupakan peluang dan terobosan bagi Rumah Sakit Banyumas dalam pengembangan pelayanan khususnya pelayanan keperawatan.
Beberapa waktu yang lalu beberapa perawat RSU Banyumas telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh himpunan perawat spesialisas yang bergerak dibidang perawatan luka, ostomy dan inkontinensia yang dikenal dengan dengan WOCARE (Wound Ostomy and Incontinentia Care) atau yang dikenal sebagai perawat ETN (Enterostomal Therapy Nursing). Hasil pelatihan yang diselenggarakan oleh RS Darmais Jakarta tersebut telah dilakukan aplikasi terhadap beberapa pasien baik di rumah sakit maupun pasien home care dengan hasil yang baik bagi perkembangan luka pasien.
Pada tanggal 16 April yang lalu Komite Keperawatan bekerjasama dengan Tim Home Care RSU Banyumas mengadakan workshop perawatan luka terkini dengan prinsip “moisture balance” bagi perawat yang tergabung dalam Tim Home Care RSU Banyumas.
Dalam workshop tersebut kita didukung oleh Suprasorb salah satu produsen modern dressing yang berpusat di german, pada kesempatan tersebut dilakukan presentasi produk olaeh Mas Adro Product Executive Suprasorb dari Prodevice Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar